Wednesday 21 December 2011

Mengapa Bahasa Inggris Menjadi Bahasa Internasional ?

,

Ketika mendengar Bahasa Inggris sebagai Bahasa Internasional, sangat banyak pertanyaan yang timbul dipikiran kita, kenapa harus bahasa Inggris yang menjadi bahasa internasional? kenapa tidak bahasa Indonesia saja?

Saya sudah mengumpulkan beberapa jawaban dari teman yang mungkin bisa sedikit membuat kita paham dan menerimanya, dan saya juga memberikan komentar di setiap jawaban.

1. Inggris adalah negara yg paling banyak jajahannya diseluruh dunia ( memang sih, ini jawaban yang paling masuk akal, dikarenakan Inggris adalah negara yang paling banyak jajahan, sehingga otomatis negara-negara jajahan Inggris akan terpengaruh untuk menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-hari mereka )

2. Karena USA menang perang dunia 2, dan kemudian terjadi perang dingin yang secara de facto dimenangkan oleh AS dan sahabat - sahabatnya. Dan AS juga merupakan negara terkuat saat ini didunia, sehingga negara-negara lain secara otomastis harus mengikuti bahasa mereka, Bahasa Inggris. ( bisa di terima juga sih, dikarenakan AS saat ini adalah negara terkuat di dunia, dan pastinya negara-negara lain akan sangat membutuhkan kerja sama dengan AS, sehingga membutuhkan bahasa yang bisaa dimengerti oleh AS. Kan ngak mungkin kita yang butuh bantuan tapi orang yang harus paham bahasa kita?? hehe )

3. Bahasa Inggris merupakan bahasa yg memiliki tata bahasa yg lengkap dan rapi jadi mudah utk dipelajari ( apa iya?? perasaan lumayan susah deh,, malah banyak orang-orang Inggris yang pernah belajar Bahasa Indonesia ngomong kalo bahasa Indonesia jauh lebih mudah dipelajari struktur bahasa dan penggunaan katanya dibanding dengan bahasa mereka )

4. Karena film yang terlaris di dunia adalah film - film hollywood, sehingga secara tidak langsung bahasanya tertular ke semua negara yang menontonnya ( rada ngawur nih jawabannya,, masa cuma karna film kita harus mengerti dan menggunakan Bahasa Inggris ?? )

5. Karena negara-negara maju ( negara-negara barat ) susah bilang 'R' seperti orang Indonesia dan kebanyakan kalimat indonesia ada huruf 'R' ( ngawur nih jawabannya,, orang-orang negara maju nggak bisa ngomong 'R' itu dikarenakan sejak kecil mereka memang tidak diajarkan, tetapi jika sejak kecil mereka sudah di Indonesia, mereka pasti bisa ngomong 'R' kecuali cadel hehehe )

6. Doakan saja Bahasa Indonesia bisa menjadi bahasa Internasional ( hahahaha.... AMINN... Ini sih harapan semua masyarakat Indonesia )

Sekarang timbul pertanyaan baru, apakah bahasa Indonesia bisa menjadi bahasa Internasional ??
( Hayooo dijawab pendapat kamu ) :D

0 komentar to “Mengapa Bahasa Inggris Menjadi Bahasa Internasional ?”

Post a Comment