Saturday 1 September 2012

Teleskop Luar Angkasa Temukan Jutaan Lubang Hitam

,


(Foto: BBC)

CALIFORNIA - Teleskop luar angkasa menemukan jutaan lubang hitam supermasif dan galaksi "ekstrem". Penemuan ini, menambah daftar temuan spektakuler terkait lubang hitam supermasif melalui Wide-Field Infrared Survey Explorer (Wise) dari National Aeronautics and Space Administration (NASA).

Teleskop luar angkasa Wise ini mampu melihat dalam panjang gelombang yang berkolerasi dengan panas. Perangkat tersebut mampu melihat untuk pertama kalinya objek paling terang yang ada di luar angkasa.

Dilansir BBC, Jumat (31/8/2012), temuan ini diharapkan dapat membantu astronom untuk mengetahui bagaimana galaksi dan lubang hitam itu dapat terbentuk. Seperti diketahui, sebagian besar galaksi besar menjadi tuan rumah pada lubang hitam di pusatnya. Terkadang lubang hitam ini memakan gas yang berada di dekatnya, selain itu debu serta bintang dan terkadang mengeluarkan energi untuk menahan pembentukan bintang.

Teleskop Wise memberikan astronom pengetahuan baru tentang pemandangan unik di kosmos (jagat raya). Temuan terbaru ini menjadikan teleskop Wise datang sebagai pemburu lubang hitam yang diunggulkan.

Daniel Stern dan timnya dari NASA Jet Propulsion Laboratory (JPL) menggunakan teleskop luar angkasa Nuclear Spectroscopic Telescope Array untuk memeriksa sinar-X yang keluar dari calon kandidat lubang hitam yang ditemukan teleskop Wise.

"Teleskop Wise menemukan lubang hitam supermasif itu, sementara nuSTAR memberikan kami pandangan baru pada cahaya sinar-X berenergi tinggi (yang dikeluarkan kandidat lubang hitam tersebut) serta mempelajari bagaimana sinar itu bisa muncul," pungkasnya. (fmh)

Sumber : Techno

0 komentar to “Teleskop Luar Angkasa Temukan Jutaan Lubang Hitam”

Post a Comment