Friday 25 May 2012

Durian Tanpa Bau Tak Berbiji Dikembangkan di Thailand

,

Uttaradit (ANTARA/TNA-0ANA) - Provinsi Thailand utara Uttaradit Selasa memperkenalkan dua varietas baru durian yang tidak berbau dan tanpa biji, yang menyebabkan banyak orang datang ke provinsi itu.

Gubernur Uttaradit Yothin Samutkhiri mengatakan bahwa durian varietas baru tidak berbau dan tanpa biji itu adalah "Longlaplae" dan "Linlaplae" yang dikembangkan di provinsi yang menawarkan kebun durian terbesar di Thailand utara seluas 27.000 rai (lebih dari 10.600 hektar).

Durian-durian tersebut dikembangkan secara khusus dengan berat sekitar satu kilogram, dengan bentuk buah yang sempurna.

Gubernur mengumumkan Durian Fair di Kabupaten Laplae mulai 31 Mei hingga 3 Juni.

Ia mengatakan musim kedua durian varietas baru itu akan dimulai pada Juni.

Provinsi mengharapkan bisa memproduksi sekitar 20.000 ton durian varietas baru tahun ini dan untuk mendongkrak pendapatan petani menjadi minimal 900 juta Bath.

Selain durian segar, produk olahan yang dibuat dari buah berduri runcing tersebut, seperti keripik durian, pasta durian, salad pedas durian atau somtam, juga disajikan bersama dengan hidangan-hidangan lokal yang beraneka, akan tersedia di pameran mendatang, kata gubernur itu.

Semula, buah Asia berduri itu disebut durian yang secara luas dikenal karena baunya yang menyengat, sehingga membuat tidak senang banyak orang yang tidak menyukai buah itu.(rr)

0 komentar to “Durian Tanpa Bau Tak Berbiji Dikembangkan di Thailand”

Post a Comment