Tuesday 3 January 2012

Odori Don, Masakan Mengerikan Dari Jepang

,
Kamu penyuka makanan ekstrim? jika benar mestinya kamu mencoba salah satu menu masakan Jepang yang satu ini yaituOdori Don. Sushi dan Sashimi adalah jenis makanan Jepang yang kepopulerannya sudah sangat mendunia, namun untuk makanan yang satu ini memang benar-benar unik. Masakan jepang ini merupakan menu khas daerah Hokadate yaitu cumi yang menari di dalam mangkuk. Lho apakah cuminya masih hidup? sebetulnya cumi ini sudah mati namun selnya dapat dhidupkan kembali dengan siraman saus kecap spesial.


Nah odori don ini adalah cumi yang menari diatas mangkuk dan terbuat dari cumi segar tanpa kepala. Lalu mengapa cumi itu seperti hidup kembali? ternyata kandungan garam yang tinggi dalam saus kecap akan bereaksi pada ion di sel dalam setiap tentakelnya . Hal ini akan menyebabkan perbedaan tegangan dan membuatnya seperti hidup dan menari-nari. Nah untuk menyiapkan menu makanan ini badan cumi terlebih dahulu dibuang dan yang disajikan hanyalah kepala dan tentakel diatas semangkuk nasi. Badan cumi hanya ditambahkan untuk penyedap rasa.

Menurut Wikipedia, Masakan Jepang sering merupakan perpaduan dari berbagai bahan makanan dan masakan dari berbagai negara. Parutan lobak yang dicampur saus sewaktu memakan bistik atau hamburg steak, dan salad dengan dressing parutan lobak merupakan contoh perpaduan makanan Barat dengan penyedap khas Jepang. Saus spaghetti yang dicampur mentaiko, tarako, natto, daun shiso atau umeboshi merupakan contoh makanan Barat yang dinikmati bersama bahan makanan yang memiliki rasa yang sudah akrab dengan lidah orang Jepang. Bistik dengan parutan lobak sebenarnya tidak dapat disebut sebagai masakan jepang Jepang melainkan bistik ala Jepang (wafū steak).

Salah satu masakan jepang yang populer adalah tempura. Tempura adalah seafood atau sayuran yang dicelupkan ke dalam adonan dan digoreng, tempura disajikan dengan saus dan daikon. Kata “Tempura” berasal dari Portugis ‘tempero’ ( saus) dan hidangan ini berasal dari pertengahan abad ke-16, ketika Portugis dan budaya Spanyol pertama kali diperkenalkan ke Jepang.

Sumber : http://lapar.com/makanplus/odori-don-makanan-mengerikan-dari-jepang

0 komentar to “Odori Don, Masakan Mengerikan Dari Jepang”

Post a Comment