Wednesday 4 January 2012

Stephen Hawking Sedang Cari Asisten

,
Stephen Hawking Sedang Cari Asisten

Liputan6.com, London: Sebuah pekerjaan dengan gaji yang bombastis ditawarkan Fisikawan Inggris yang ngetop, Stephen Hawking. Anda cukup menjadi asistennya dan bakal mendapat gaji sekitar 25 ribu Poundsterling alias Rp 352 juta per tahunnya. Fantastis!

Sebuah iklan pekerjaan informal yang diposting di website fisikawan terkenal itu menyebutkan ia membutuhkan seorang asisten yang bisa membantunya mengembangkan dan mengurus pidato sistem elektroniknya sehingga memungkinkan dia mengomunikasikan visinya tentang alam semesta, Selasa (3/1).

Asisten yang dibutuhkan Hawking syaratnya harus melek komputer, siap bepergian, dan mampu memperbaiki perangkat elektronik tanpa petunjuk ataupun dukungan teknis. Maklum saja, hidup Hawking kini tergantung dari alat-alat.

Dia kehilangan suaranya dalam sebuah operasi tracheostomy pada 1985, tapi kursi roda komputer membantunya mensintesis pidato dengan menafsirkan gerak wajahnya. Robot monoton synthesizer menjadi hampir sama terkenal dengan diri Hawking, selain itu komputer dengan tenaga baterai diikat ke belakang kursi roda Hawking yang tidak hanya untuk berbicara. Dengan demikian ia harus bergantung pada komputer portabel kecil dan speech synthesizer yang dipasang pada kursi rodanya.

Ini memang rumit, tapi iklan ini membuatnya jelas. Sebuah foto dari belakang kursi roda Hawking memperlihatkan banyak kabel gulung dan peralatan elektronik, dan di bawah foto itu ada kata-kata: "Bisakah Anda mengurusnya"

Seperti diketahui, Hawking kerap menelurkan teori alam semesta yang kontroversial. Ia menyebutkan alam semesta diciptakan secara spontan dari yang tidak ada menjadi ada. Sehingga keterlibatan Tuhan tidak diperhitungkan di sini.(thestar/AP/MEL)

0 komentar to “Stephen Hawking Sedang Cari Asisten”

Post a Comment